Senin, 03 Oktober 2011

Survei LSI: Politisi 'Busuk' Bajak Reformasi


Siti Zuhro - inilah.com/dok

Oleh: Agus Rahmat

INILAH.COM, Jakarta - Merosotnya penilaian terhadap politisi, diduga karena gagalnya cita-cita reformasi. Bahkan, reformasi dibajak oleh aktor-aktor yang kini mengambil peran penting dalam negara.

Dalam surveinya LSI membandingkan politisi saat ini dengan 2005 lalu, responden yang menilai kerja politisi baik sebesar 44,2 persen. Sedangkan pada tahun ini penilaian responden yang menyatakan kerja politisi baik hanya sebesar 23,4 persen. Dan 51,3 persen diantaranya menilai kerja politisi sangat buruk.

"Ini sangat dalam (hasil LSI, red). Reformasi bukan hanya jalan ditempat, tapi juga dibajak oleh aktor-aktor," ujar pengamat politik LIPI Siti Zuhro saat dihubungi INILAH.COM, Jakarta, Minggu (2/10/2011).

Dia menilai, aktor-aktor ini kini mengambil peran strategis dalam politik dan pemerintahan. Akibatnya, tindakan kejahatan seperti korupsi terus dilakukan oleh aktor-aktor tersebut. "Ironis, kok ternyata tidak mewakili rakyat. Padahal itu (pemberantasan korupsi, red) semangat reformasi," herannya.

Aktor-aktor tersebut, jelasnya, tidak hanya dari kalangan politisi. Tetapi, dari kalangan birokrasi dan pengusaha, juga kini bisa menjadi aktor. [mah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar