Senin, 17 Oktober 2011

SBY Harus Pecat Menteri yang Pro Asing

K. Yudha Wirakusuma - Okezone

Presiden SBY
Presiden SBY

JAKARTA -
Selain untuk meningkatkan kinerja menteri, reshuffle kabinet yang saat ini digodok Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus dimanfaatkan untuk membersihkan kabinetnya dari figur kontroversial. Pasalnya, hal tersebut dapat mencegah turunnya citra SBY dan merepotkan jalannya pemerintahan di kemudian hari.

Pengamat politik LIPI Siti Zuhro menyatakan, kinerja kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II dalam dua tahun terakhir kurang memuaskan. Rapor beberapa menteri mengecewakan, dan ini dinilai menjadi penyebab miringnya penilaian publik. Siti menyebutkan nama Gita Wirjawan dan Mari Elka Pangestu sering mendapat sorotan negatif publik lantaran berbagai persoalan yang membelit mereka.

"Sudah banyak menteri-menteri yang disorot media yang tidak lagi didukung rakyat. Misalnya Gita Wirjawan dan Mari Elka Pangestu. Yang paling penting SBY harus mempertimbangkan agar mengganti menteri yang kelihatan pro asing seperti keduanya itu," tandas Siti, Senin (17/10/2011).

Anda setuju dengan perkataan Siti Zuhro bahwa Maria Elka Pangestu dan Gita Wirjawan berpihak pada asing?





Siti menilai, menteri-menteri yang selama ini bermasalah dan kerap berbuat kontroversi justru dapat mendelegitimasi pemerintah.

"Sayangnya, Presiden SBY kelihatan gamang merespons desakan publik. Sehingga SBY terkesan bermain di dua kaki. Satu ingin mengakomodasi keinginan banyak orang dan rakyatnya. Dua, SBY ingin mempertahankan politik harmoni yang hendak memuaskan keinginan banyak pihak,” terangnya.

Sementara itu, anggota Komisi VI DPR Hendrawan Supratikno berpendapat, terlalu riskan jika SBY ngotot mempertahankan beberapa menterinya yang sudah tidak mendapat simpati publik. Ia mencontohkan, figur kontroversial seperti Gita Wirjawan dan Mari Elka Pangestu akan sangat merongrong citra pemerintahan SBY-Boediono.

"Mestinya SBY responsif menyikapi desakan publik. Dia tidak usah bimbang dong mengganti mereka yang sudah tidak disukai rakyat, lantaran sikapnya tidak memihak kepentingan rakyat. Kan di kabinet banyak menteri-menteri yang sering membebani SBY, karena keberpihakannya pada asing seperti Maria Elka Pangestu dan Gita Wirjawan,” tegasnya.

(wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar