Kamis, 13 Januari 2011

Konflik Internal Bakal Gembosi Suara PKB

Headline
Siti Zuhro - flickr.com

Oleh: Moh Anshari
Nasional - Kamis, 13 Januari 2011 | 01:05 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Pengamat politik Siti Zuhro memprediksi partai-partai besar bakal mendapat limpahan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilu 2014. Partai-partai besar diuntungkan jika konflik internal PKB tak kunjung usai.

"Suara PKB terancam lari ke partai-partai besar seperti Demokrat, PDIP dan Golkar," terang Siti kepada INILAH.COM, Rabu (12/1/2011).

Peneliti LIPI ini menunjuk hasil Pemilu 2009 lalu dimana basis suara PKB di Jawa Timur banyak yang lari ke Partai Demokrat. Menurut Siti, meski pangsa pasar suara PKB hampir sama dengan PPP namun partai Ka'bah ini tidak mendapat keuntungan signifikan.

"PPP nggak bakal mendapat keuntungan dari konflik PKB. Meskipun puluhan ulama PKB hijrah ke PPP itu bukan garansi akan diikuti oleh umat yang di bawah akan lari ke PPP," paparnya.

Hal ini, menurut Siti, merujuk pada hasil Pilkada Jawa Timur yang lalu, dimana suara ulama tak sepenuhnya diikuti masyarakat penganutnya.

"Karena masyarakat pemilih santri sekarang sudah tercerahkan. Hasil Pilkada Jatim sudah menunjukkan betapa ulama sudah tak dianut lagi oleh masyarakatnya. Jadi, belum tentu mereka akan pindah ke PPP," tegasnya. [tjs]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar