Senin, 07 November 2011

Rangkul Pakar Pangan, Demokrat Incar Suara Petani

Partai Demokrat

Partai Demokrat

Tri Kurniawan - Okezone

JAKARTA - Partai Demokrat secara diam-diam mulai menyusun strategi menghadapi Pemilu 2014 dengan menggandeng Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan). Ini dilakukan sebagai upaya meraup suara petani darat dan laut.

"Menurut saya itu basis masa real dari masyarakat Indonesia, lapisan masyarakat kalau diuraikan itu kantong paling besar dihuni masyarakat yang hidupnya di pantai," kata Pengamat Politik LIPI Siti Zuhro kepada okezone, Senin (7/11/2011).

Dia memperkirakan suara masyarakat di kalangan bawah berkisar antara 60 hingga 70 persen. "Ini yang mendulang suara saat pemilu, kepentingan politik kan untuk memenangkan dukungan suara," ungkapnya.

Upaya Partai Demokrat menyentuh masyarakat kalangan bawah, menurutnya sudah terjadi sejak Pemilu 2009 lalu. Banyak basis partai lain yang diambil oleh Partai Demokrat.

"Itu juga jadi target partai besar lain. PDIP fokus ke pembangunan masyarakat desa dan memberdayakannya, Golkar lebih ke pemberdayaan ekonomi masyarakat. Nah ini juga ingin disapu Demokrat," ujarnya.

Kata dia, partai Demokrat mengambil langkah strategis. Jika sebelumnya mampu merebut suara di kalangan kaum urban, kini ingin membirukan kaum petani.

Namun, itu bukanlah perkara mudah. Menurutnya, semua tergantung kinerja Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II. Selain itu, kasus yang menyeret beberapa nama petinggi Partai Demokrat juga akan mempengaruhi kepercayaan publik.

"Menyelesaikan kasus Nazaruddin tidak cukup. Apakah kasus ini hanya kelakuan Nazar atau ada akumulasi dari satu kejadian ke jadian lain akan jadi amunisi bagi partai," ungkapnya.

Dia berharap, KIB jilid II pasca reshuffle mampu membuat terobosan dan kebijakan yang berpihak pada rakyat. Jika hal itu mamapu dilakukan tidak hanya akan berdampak pada penambahan suara tapi juga sekaligus menjawab kritikan masyarakat terhadap hasil reshuffle.

"Pasca reshuffle kalau ternyata hasilnya menunjukkan capaian positif akan jadi titik balik ternyata Demokrat cukup bertahan dengan kapasitasnya," pungkasnya. (tri) ... (crl)

1 komentar:

  1. begitulah para elit memainkan hati dn kebutuhan rakyat!!!kebutuhan pokok dipolitisir!!! jangan khawatir, korban masih banyak para koruptor!!!!!

    BalasHapus